Senin, 07 Januari 2013

Perempuan Dalam Al-Qur'an


Perempuan Dalam Al-Qur'an

Dari ummu Salamah R.A : Aku bertanya kepada Rasulullah Saw, " Mengapa kami kaum perempuan tidak disebutkan (keutamaannya) dalm Al-Qur'an sebagaimana kaum laki-laki..?' Rasulullah SAW. tidak segera menjawab. namum, pada waktu yang lain kulihat beliau berdiri diatas mimbar. ketika itu, aku sedang menyisir rambut. setelah selesai menggulung rambut, aku masuk kesalah satu kamar di rumahku. Kupasang pendengaranku di dekat atap masjid yng ketika itu masih terbuat dari pelepah kurma, dan posisinya dekat dengan mimbar mesjid dan aku mendengar Rasul SAW bersabda" Wahai manusia, sesungguhnya Allah SWT berfirman dalam kitab-Nya, Sesungguhnya laki-laki dam perempuan yang memeluk islam, laki-laki dan perempuan yang beriman, laki-laki dan perempuan yang taat (kepada Allah) laki-laki dan perempuan yang berbuat benar, laki-laki dan perempuan yang sabar, laki-laki dan perempuan yang khusuk, yang bersedekah, yang berpuasa, yang ,memelihara kehormatannya, yang banyak menyebut Allah, bagimereka Allah SWT telah menyediakan ampunan dan pahala yg besar <(QS. Al-Ahzab:35)"(HR.Ahmad, Al Nasa'i dan Al-Hakim yang dishahihkan Al-Imam Bukhari-Muslim)>

dari Hadits diatas menunjukan beberapa hal sebagai berikut:

~ kegelisahan dan kekhawatiran kaum perempuan di zaman Nabi SAW, (shahabiyyat) karena Al-Qur'an tidak menyebutkan mereka sebagaimana Al-Qur'an menyebut kaum laki-laki. Kekhawatiran itu muncul akibat penilaian buruk mereka, dengan tidak disebutkan dalam Al-Qur'an, mereka menganggap bahwa hal itu seakan akan menunjukan bahwa kedudukan mereka telah menunaikan semua kewajiban yang di emban kepada mereka. Mereka juga merasa bahwa kebajikan mereka tidak akan pernah setera dengan kabajikan yang dilakukan laki-laki.
berkenaan adanya makna ayat di atas yg dikutip dalam hadis diatas(Ak-Ahzab:35). Muqatil berkata Ummu Salammah dan Anisah binti Ka'ab dari kalangan Anshor : " Mengapa Allah menyebutkan laki laki, tetapi tidak menyebutkan perempuan sedikitpun dalam kitab suci-Nya? kami merasa khawatir bila kami tidak bisa berbuat kebajikan. " kemudian turunlah ayat tersebut" (tafsir Al-Baghawi)

~hadits diatas menggambarkan cara Al-Qur'an memberikan ketenangan kepada kaum perempuan dan menghilangkan kegelisahan dan keraguan mereka. dan jelas Al-Qur'an mengungkap derajat dan kedudukan perempuan derajat dan kedudukan perempuan dalam islam bahwa tidak ada perbedaan antara laki-laki dan perempuan DALAM USAHA MENCAPAI DERAJAT TERTINGGI DALAM AGAMA SERTA MEMPEROLEH PAHALA DAN AMPUNAN DARI ALLAH SWT.

wa-allahu 'alam bishowab..
 
https://fbcdn-sphotos-e-a.akamaihd.net/hphotos-ak-prn1/536506_386813851371434_725165247_n.jpg

Tidak ada komentar:

Posting Komentar